Selasa, 12 April 2022

Manfaat Shalat Tarawih


sumber gambar: www.freepik.com

           Alhamdulillah Sobat Miss Tuti semuanya. Kita masih diberikan rezeki umur sehingga masih bisa berjumpa dengan bulan Ramadhan tahun ini dan dapat menjalankan ibadah ya. Semoga kita semua diberikan kemudahan dalam menjalankannya ya. Seperti biasa setiap bulan Ramadhan kita melaksanakan shalat tarawih. Shalat ini memang khusus kita laksanakan setiap bulan Ramadhan. Jadi mari sama-sama kita laksanakan dengan sebaik-baiknya ya karena shalat ini memberikan manfaat yang sangat baik bagi kita. Yuk, kita simak manfaat dari shalat tarawih.
 
  MANFAAT SHALAT TARAWIH UNTUK KESEHATAN      

         Shalat tarawih merupakan shalat malam yang hanya bisa dikerjakan pada bulan Ramadhan. Shalat Tarawih biasa dilaksanakan setelah shalat Isya' dan diakhiri dengan shalat Witir dan dianjurkan untuk dilaksanakan berjama'ah.

        Selain mendatangkan pahala bagi yang melaksanakannya, ternyata shalat tarawih punya segudang manfaat bagi kesehatan.

          Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah 7 manfaat shalat tarawih bagi kesehatan.

Meningkatkan kebugaran tubuh

        Shalat Tarawih juga menghasilkan efek fisiologis sama seperti saat melakukan olahraga ringan seperti jogging atau berjalan dan hebatnya, tanpa menimbulkan efek samping.

Membakar kalori

            Melakukan salat tarawih secara rutin dapat membakar kalori tanpa meningkatkan nafsu makan. Asupan makanan yang terbatas ketika sahur dan buka puasa yang disertai shalat tarawih akan membantu untuk mengurangi berat badan.

Meningkatkan fungsi otak
        Shalat tarawih yang rutin dilakukan bisa meningkatkan peredaran darah ke otak dan menjaga suplai nutrisi yang dibutuhkan otak sehingga otak bisa bekerja secara optimal. Hal ini akan membantu kamu untuk lebih berkonsentrasi terutama saat bekerja meskipun sedang berpuasa.

Meningkatkan mood

        Shalat tarawih bisa menjadi salah satu upaya untuk mengembalikan dan meningkatkan mood baik dan menghilangkan stress. Saat shalat tarawih tubuh terutama otak akan melepaskan senyawa endorphin yang bisa meningkatkan perasaan nyaman dan membuat mood menjadi baik.

Menjaga kesehatan jantung

      Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, saat melakukan gerakan salat tarawih secara rutin tubuh menjaga keseimbangan detak jantung dan membuat kamu merasa nyaman. Bisa dikatakan bahwa shalat tarawih memiliki efek yang sama dengan latihan kardio atau senam jantung.

Meningkatkan daya tahan lansia

        Seiring dengan bertambahnya usia, aktivitas yang dilakukan seseorang akan semakin terbatas karena tulangnya menjadi semakin tipis dan memiliki risiko osteoporosis yang makin tinggi. Ketika melakukan gerakan berulang serta teratur selama shalat tarawih, maka kekuatan fleksibilitas sendi, otot, tendon, serta respon kardiovaskular akan meningkat yang akan membuat daya tahan orang lanjut usia akan meningkat.

Meningkatkan stamina

            Memiliki stamina yang prima adalah salah satu hal yang diinginkan bagi setiap orang terutama mereka yang berpuasa di bulan Ramadhan. Seperti aktivitas olahraga, shalat tarawih ternyata juga dapat meningkatkan stamina dan membuat kamu tidak cepat lelah dan mengantuk di siang hari.

            Demikian sedikit ulasan tentang manfaat shalat tarawih. semoga kita semua diberikan kesehatan dan kemudahan dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan beserta ibadah yang lain seperti shalat tarawih dan lain-lain. Aamiiin Ya Rabbal A'lamiiin.



Sumber    : www.detik.com
































Tags :

bm
Created by: Miss Tuti

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Posting Komentar

Connect