Rabu, 11 Agustus 2021

Memasak Bebek Goreng Empuk dan Tidak Amis



                                                 
  sumber gambar by: detik.com

 Cara Memasak Bebek Goreng Empuk dan Tidak Amis
   
Bebek goreng bisa dimasak sendiri. Tetapi perlu perhatikan beberapa hal agar bebek empuk dan tidak amis. Cek tips memasaknya berikut ini.

Bebek goreng sama populernya dengan ayam goreng di pulau jawa. Ada bebek goreng gragak Surakarta dan Surabaya yang terkenal gurih, renyah, dan disajikan dengan sambal khas yang sedap.

Kalau ingin memasak bebek goreng sendiri di rumah caranya tidak rumit. Apalagi jika ingin membuat bebek goreng seenak buatan restoran. Empuk dagingnya, renyah, dan tidak amis aromanya. Karena, bebek memiliki aroma amis yang cukup tajam. Dagingnya juga lebih tebal maka kalau tidak memasak dengan cara yang tepat hasilnya pasti kurang memuaskan

Perhatikan 5 cara memasak Bebek goreng empuk dan tidak amis.

1. Pakai bebek muda.

                                                                sumber gambar by: detik.com

Tak hanya menyoal bumbunya saja yang perlu diperhatikan, tapi jenis bebek yang digunakan juga salah satu kunci kenikmatan dari bebek goreng itu sendiri. Bebek goreng yang tidak alot bisa ditentukan dari usia bebeknya.

Sebaiknya kamu membeli bebek yang masih muda. Pastikan usianya sedang, jadi tidak terlalu muda ataupun tua. Karena semakin tua usia bebek maka tekstur dagingnya juga jadi semakin keras dan alot. 

Bebek segar bisa dibeli dalam bentuk karkas, bebek utuh yang sudah dipotong. Daging bebek segar memiliki warna putih dengan bagian kakinya yang terlihat lentur dan dadanya gemuk berisi. Jangan membeli bebek dalam kondisi daging yang menyusut dan berbau amis.

Atau beli bebek hidup dan minta penjualnya menyembelih langsung, membersihkan isi perut dan bulunya dan memotong sesuai selera.


2. Bersihkan bulu bebek
                                                                sumber gambar by: pixabay.com

Jika membeli bebek yang disembelih langsung, pastikan bulu halusnya sudah bersih. Kalau masih ada bulu yang tertinggal, kamu bisa membakarnya sebentar diatas api hingga semua bulunya hilang.

Gosokkan garam kasar keseluruh permukaan kulit bebek, lalu bilas dengan air mengalir sampai bersih. Kulit bebek tentunya berbeda dengan ayam, karena cenderung tebal dan lebih keras.

Pisahkan dengan jeroannya dan potong bagian brutu (p*ntat) bebek. Karena bagian ini mengandung banyak bagian minyak yang bisa menimbulkan aroma tidak sedap pada bebek.


3. Lumuri dengan jeruk nipis.

sumber gambar by: pixabay.com


Buah-buahan citrus seperti lemon dan Jeruk nipis sering digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan atau daging. Lumuri daging bebek ini dengan air jeruk nipis atau lemon untuk mengurangi aroma amisnya.

Kucuri air jeruk nipis ke seluruh permukaan bebek dan pijat perlahan. Lumuri juga bagian rongga perut bebek hingga merata.Setelah itu, diamkan sekitar 30 menit. Kemudian bilas dengan air mengalir sampai bersih.

Tak hanya aroma amis yang berkurang, air jeruk nipis juga berfungsi untuk mengempukkan tekstur daging bebek. Selain menggunakan jeruk nipis, kamu juga bisa melumurinya dengan cuka atau jahe parut

4. Ungkep dengan banyak rempah

                                                                            sumber gambar by: detik.com


Seperti ayam, bebek juga sebaiknya diungkep terlebih dahulu sebelum digoreng. Gunakan beragam rempah yang mengeluarkan aroma tajam, seeperti jahe, lengkuas, sereh, daun jeruk, dan daun salam. Tambahkan juga bawang putih, ketumbar dan kunyit.

Proses pengungkepan bebek ini memakan waktu yang agak lama. Setidaknya perlu direbus selama 1 jam agar daging bebek menjadi empuk. Kalau ingin lebih cepat, masak bebek dengan panci bertekanan tinggi/presto.

5. Goreng bebek dalam minyak panas dan banyak


sumber gambar by: detik.com

Agar bebek gorengnya merata dan kulitnya kering, sebaiknya menggunakan minyak yang banyak. Saat menggoreng gunakan wajan cekung dan panaskan minyak goreng dengan api sedang.

Pastikan minyak sudah panas dan bebek harus terendam minyak. Karena bebek sudah diungkep, maka proses menggoreng hanya untuk mengeringkan bagian luarnya. Jika sudah kecoklatan dan garing, angkat bebek dan tiriskan. Sebaiknya sajikan dan makan bebek goreng selagi hangat agar lebih gurih renyah rasanya.

Selamat mencoba ya.







Sumber artikel: detik.com



















































Tags :

bm
Created by: Miss Tuti

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Posting Komentar

Connect