Sabtu, 06 November 2021

Banner Story



 

Rapa'i; Banner's Story

        Udah pada tau Rapa'i belum? Kalo belum, saya punya sedikit informasinya. Rapa'i adalah alat musik tradisional Aceh yang ditabuh menggunakan tangan kosong, tidak menggunakan stik. Rapai biasanya berperan untuk mengatur ritme, tempo, gemerincing saat lantunan syair-syair bernuansa Islami sedang dinyanyikan. 

         Kaitannya Rapa'i dengan PembaTIK? Jelas ada dong. Dari 30 Peserta PembaTIK Level 4 Provinsi Aceh tahun 2021, kami dibagi dalam 4 kelompok berjumlah sekitar 7-8 anggota. Masing-masing kelompok memilih sub tema dari Tema Besar yang diberikan, yaitu: Berbagi dan Berkolaborasi. Kami dari kelompok 3 memilih Rapa'i sebagai sub tema kelompok kami, sekaligus sebagai judul dari Kegiatan Sosialisasi Rumah Belajar dan produk Pusdatin lainnya, yang kami lakukan.

        Terus, kenapa Rapa'i? Karena Rapa'i adalah Rumah Belajar untuk Pembelajaran Siswa Berbasis IT. Senada dengan semangat yang ingin kami tularkan kepada orang lain agar bisa memanfaatkan Rumah Belajar untuk kegiatan belajar dan mengajar. Suara Rapa''i membuat suasana lebih hidup, semarak dan bisa menumbuhkan semangat bagi pendengar yang menyaksikan pertunjukan Rapa'i. Rapa'i biasanya dimainkan oleh 8 sampai 12 orang, yang tentunya harus saling berkolaborasi untuk menciptakan harmonisasi dalam pertunjukan Rapa'i.

        Rapa'i biasanya ditampilkan dalam berbagai acara atau seremoni seirama dengan semangat Rumah Belajar; Belajar Dimana Saja Kapan Saja Dengan Siapa Saja.

      Tulisan Berbagi dan Berkolaborasi yang berwarna Merah, Kuning dan Hijau; melambangkan suasana kehidupan masyarakat Aceh yang berasal dari berbagai latar belakang, beragam bahasa dan juga adat istiadatnya. Jadi masyarakat Aceh itu "rame", lho.

        Jadi ternyata banner pun punya cerita ya. Dan yang paling penting jangan lupa manfaatkan portal Rumah Belajar untuk pengalaman belajar yang menyenangkan ya. Rumah Belajar; Belajar untuk Semua. Bek tuwoe install beh ...

 

Tags :

bm
Created by: Miss Tuti

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Posting Komentar

Connect