Kamis, 11 November 2021

Rapa'i the Road Show


    RAPA'I ROAD SHOW

BELAJAR BERSAMA DI RUMAH BELAJAR

        Hi sobat Miss Tuti semua. Semoga sehat selalu ya. Sebelum saya bercerita panjang lebar mengenai pengalaman saya berbagi informasi keren tentang Portal Rumah Belajar dengan guru-guru dan juga siswa-siswa hebat lainnya, saya mau cerita dulu ya mengenai kegiatan saya selama Pelatihan PembaTIK level 4. Yang pasti bangga dong bisa terpilih menjadi salah satu dari 30 Sahabat Rumah Belajar (SRB) Provinsi Aceh tahun 2021. Dan yang lebih membanggakan lagi adalah saya bisa bertemu dengan guru-guru hebat lainnya yang juga merupakan SRB Provinsi Aceh tahun 2021. Semuanya keren-keren dengan kemampuan IT yang mumpuni. Ada yang jago video creator, banner or flyer designer, web/blog designer, blogger/webber dan lain-lain. Pokoknya saya masih harus banyak belajar dengan mereka.

        Yang namanya pelatihan pastinya ada kegiatan pembelajarannya kan ya? Jadi ada beberapa tugas yang harus saya dan teman-teman selesaikan. Seperti membuat blog dan membuat tulisan-tulisan yang berkaitan dengan kegiatan PembaTIK ke dalam blog tersebut. Kemudian membuat vlog tentang Best Practice dalam kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa serta memanfaatkan produk Rumah Belajar atau produk Pusdatin lainnya. O iya, sebelum kami mulai melakukan kegiatan sosialisasinya, kami SRB Provinsi Aceh dibagi dalam 4 kelompok, masing-masing anggota kelompok terdiri dari 7 - 8 SRB Aceh. Nama-nama kelompoknya yaitu:
1. RANUP (Rumah Belajar Sebagai Aspirsi Negeri untuk Berprestasi)
2. TIMPHAN (Teknologi Informasi Memajukan Pembelajarn Hebat Aneuk Nanggroe),   
3. PUTROE (Portal Rumah Belajar untuk Nanggroe)
4. RAPA'I (Rumah Belajar untuk Pembelajaran Siswa Berbasis IT). Ehm kelompok saya ini.

         Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi informasi mengenai kegiatan Sosialisasi tentang Portal Rumah Belajar dan tentu saja produk Pusdatin lainnya. Yuk disimak dan mudah-mudahan menjadi inspirasi ya. 

        Sebelum melaksanakan tugas utama kami peserta PembaTIK terlebih dahulu mengikuti kegiatan Coaching selama 4 hari untuk lebih memahami tugas-tugas dalam Level 4 ini. Tentunya dengan pemaparan materi yang berbeda-beda.    

Hari 1 (1 November 2021) 

       


        Kegiatan sosialisasi saya awali dengan meminta arahan dan juga ijin secara resmi kepada kepala sekolah dan wakil kepala sekolah untuk mengikuti kegiatan PembaTIK level 4 ini. Setelah menghadap kepala sekolah saya dan teman-teman meminta arahan dan juga ijin kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Lhokseumawe serta Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Aceh, tentunya untuk mengadakan kegiatan sosialisasi ke sekolah-sekolah. 

Hari 2 (2 November 2021)

Mempersiapkan foto dan bahan lainnya dan mendesain alat untuk kegiatan sosialisasi yaitu Banner.

Hari 3 (3 November 2021) 

        Diskusi dengan SRB lain (Bu Yusridawati) untuk kegiatan Sosialisasi dalam Forum MGMP B. Inggris dengan cara berkoordinasi dengan pengurus MGMP Bahasa Inggris SMP Kota Lhokseumawe menyangkut jadwal pelaksanaan dan kebutuhannya.

Hari 4 (4 November 2021)

      Melaksanakan kegiatan Sosialisasi di instansi tempat saya bekerja yaitu SMP Negeri 7 Lhokseumawe dengan target guru-guru dari berbagai bidang studi/mata pelajaran.

Hari 5 (5 November 2021) 

        Melaksanakan kegiatan belajar bersama dengan siswa di instansi saya sendiri yaitu SMP Negeri 7 Lhokseumawe dengan memanfaatkan fitur Sumber Belajar 

Hari 6 (6 November 2021)

 

     

           Belajar bersama di Sekolah Luar Biasa Aneuk Nanggroe bersama guru-guru dan siswa. Setelah itu dilanjutkan ke SD Negeri 5 Banda Sakti dengan berkolaborasi dengan salah satu SRB yaitu Bu Fitriani yang kebetulan adalah guru di SD Negeri 5 Banda Sakti juga.

Hari 7 (8 November 2021) 

        Kegiatan sosialisasi saya lanjutkan di SMP 12 Lhokseumawe bersama dengan Bu Yusridawati, salah satu SRB yang juga bertugas di SMP Negeri 12 Lhokseumawe tersebut. Kami belajar bersama dengan guru-guru yang ada di sekolah tersebut. Lalu road show berlanjut ke SLB Kota Lhokseumawe, yang dulunya dikenal dengan SLB Azura. SLB ini bukan milik pemerintah melainkan milik suatu Yayasan. Karena siswa sudah pulang kami fokus belajar dengan guru-guru yang ada di SLB tersebut.

Hari 8 (9 November 2021)


    Kegiatan belajar dilanjutkan ke SMP Negeri 4 Lhokseumawe. Saya berkolaborasi dengan Bu Yusridawati. Dan kami lanjutkan ke SMA Negri 3 Lhokseumawe. Tapi berhubung guru-guru sedang mengadakan kunjungan ke salah satu guru yang berduka, maka kami putuskan untuk mengunjungi sekolah lainnya yaitu SMK Negeri 4. Namun ternyata guru-guru sedang melakukan kunjungan ke salah satu guru yang sedang mengalami musibah juga.  

Hari 9 (10 November 2021)



    Rencana mau fokus untuk mengambil gambar atau video untuk kebutuhan vlog kegiatan sosialisasi. Namun ternyata, ketika akan mengambil dokumentasi di pinggir Pantai Ujong Blang, saya tidak sengaja berjumpa dengan rombongan siswa dan guru seni mereka yang bernama Bu Yusra yang akan melakukan kegiatan belajar outdoor. Dan Alhamdulillah setelah meminta izin, Bu Yusra mengizinkan saya belajar tentang fitur edugame yang ada di Portal Rumah Belajar.   

       Kemudian siang hari saya dan rekan saya Bu Yusridawati melaksanakan kegiatan Webinar dengan Komunitas MGMP Bahasa Inggris Kota Lhokseumawe. 

      Well, demikianlah sekelumit cerita saya jalan-jalan sambil belajar bersama teman-teman baru di sejumlah sekolah melalui Portal Rumah Belajar dan produk pusdatin lainnya. Tentunya masih banyak kekurangan saya dalam melakukan amanah yang sudah diembankan kepada saya dan teman-teman SRB lainnya. Kekurangan tersebut antara lain dalam hal kolaborasi dan juga skill yang bersifat teknis lainnya khususnya dalam bidang IT. So, harus terus melatih diri. Bukan begitu Rudolfo? 😁

        Dan, Insya Allah kalo tidak ada halangan saya akan membantu rekan saya Bu Yusridawati pada kegiatan Webinar IGI Kota Lhokseumawe pada tanggal 18 November 2021, untuk mensosialisasikan Portal Rumah Belajar. Kalo tidak ada halangan. Jadi semacam Future Plan begitu bagi kami berdua selaku salah dua SRB Provinsi Aceh.

All right, I think enough for now. I'll see you all again very very soon, ok. Bye bye.



Sumber gambar: Dokumentasi Pribadi

 


Tags :

bm
Created by: Miss Tuti

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Posting Komentar

Connect